Kondisi Sosial Budaya pada Masa Kabinet Natsir

Kondisi Sosial Budaya pada Masa Kabinet Natsir

Kondisi Sosial Budaya pada masa Kabinet Natsir muncul beberapa masalah keamanan dalam negeri yaitu terjadi pemberontakan hampir di seluruh wilayah Indonesia, seperti Gerakan DI/TII, Gerakan Andi Azis, Gerakan APRA, Gerakan RMS. Pada masa kabinet Natsir Indonesia juga diterima sebagai anggota PBB yang ke-60 pada tanggal 28 September 1950. Ini tentu menjadikan Indonesia lebih diperhatikan dalam kancah politik internasional. Kabinet Natsit memiliki keberhasilan dalam upaya perundingan antara Indonesia-Belanda untuk pertama kalinya mengenai masalah Irian Barat walaupun hasilnya masih nihil.
Kabinet Natsir sebenarnya ingin menumbuhkan kelas pengusaha dikalangan bangsa Indonesia dengan memberi modal kepada para pengusaha agar bisa berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional. Namun tujuan program ini sendiri tidak dapat tercapai dengan baik meskipun anggaran yang digelontorkan pemerintah cukup besar. Kegagalan program ini disebabkan karena :
  • ·         Para pengusaha pribumi tidak dapat bersaing dengan pengusaha non pribumi dalam kerangka sistem ekonomi liberal.
  • ·         Para pengusaha pribumi memiliki mentalitas yang cenderung konsumtif.
  • ·         Para pengusaha pribumi sangat tergantung pada pemerintah.
  • ·         Para pengusaha kurang mandiri untuk mengembangkan usahanya.
  • ·         Para pengusaha ingin cepat mendapatkan keuntungan besar dan menikmati cara hidup mewah.
  • ·         Para pengusaha menyalahgunakan kebijakan dengan mencari keuntungan secara cepat dari kredit yang mereka peroleh.
Berakhirnya Kabinet Natsir karena adanya mosi tidak percaya dari PNI menyangkut pencabutan Peraturan Pemerintah mengenai DPRD dan DPRDS. PNI menganggap peraturan pemerintah No. 39 th 1950 mengenai DPRD terlalu menguntungkan Masyumi. Mosi tersebut disetujui parlemen sehingga Natsir harus mengembalikan mandatnya kepada Presiden.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar