Keuntungan dan Akibat MSA bagi Indonesia

Keuntungan dan Akibat MSA bagi Indonesia

Adanya Pertukaran Nota Keuangan antara Mentri Luar Negeri Indonesia Soebardjo dengan Duta Besar Amerika Serikat Merle Cochran. Mengenai pemberian bantuan ekonomi dan militer dari pemerintah Amerika kepada Indonesia berdasarkan ikatan Mutual Security Act (MSA). Dimana dalam MSA terdapat pembatasan kebebasan politik luar negeri RI karena RI diwajibkan memperhatiakan kepentingan Amerika.
Tindakan Sukiman tersebut dipandang telah melanggar politik luar negara Indonesia yang bebas aktif karena lebih condong ke blok barat bahkan dinilai telah memasukkan Indonesia ke dalam blok barat.
Menurut saya keuntungan dari perjanjian ini adalah Indonesia bisa lebih berkembang dari segi ekonomi karena mendapat dukungan dari Amerika Serikat yang menganut paham liberal. Oleh karena itu secara tidak langsung Indonesia juga menganut sistem ekonomi liberal sehingga timbul peningkatan ekonomi, walaupun tidak terlalu memberi dampak terhadap pembangunan ekonomi Indonesia. Indonesia juga mendapat bantuan militer dari Amerika Serikat.

            Akibat dari perjanjian ini adalah Indonesia oleh mata dunia dipandang sebagai sekutu Amerika Serikat dan masuk kedalam Blok Barat yang jelas menyimpang dari prinsip politik luar negeri Indonesia yaitu bebas aktif. Dan juga ini menyebabkan Kabinet Sukiman lengser.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar